TIPS DAN PANDUAN MEMBELI PROPERTI ALA OMAH PROPERTI

 Pastikan Tujuan dan Alasan anda membeli rumah

  1.  Apakah untuk investasi
  2. Apakah perubahan jumlah anggota keluarga
  3. Apakah pindah lokasi kerja atau bosan membayar uang sewa.
  4. Mengetahui alasan anda akan membuat anda lebih fokus akan karekteristik rumah yang ingin anda beli. Misalnya, bila untuk investasi, fokus anda mungkin adalah mengambil keuntungan saat membeli.
  5. Bila anda membeli karena bosan bayar sewa, anda mungkin harus ambil KPR dan salah satu syarat utama mengajukan KPR adalah rumah yang dibeli Harus bersertifikat, tidak di gang dan tidak disebelah restaurant besar. Jadi carilah rumah yang tidak di gang dan tidak disebelah restaurant besar.
  6. Ketahui kebutuhan anda. Kelihatannya mudah namun sulit memisahkannya dengan keinginan. Apa yang paling anda cari dari sebuah rumah 3 kamar tidur dengan kamar mandi didalam? Halaman belakang yang luas? Kolam renang? Kamar Tidur utama di lantai dasar? Garasi untuk 5 mobil, dan sebagainya Lebih mudah mengetahui keinginan dari pada kebutuhan Bila mengikuti keinginan anda mungkin harus kompromi dengan harga.
  7. Cari informasi. Terutama bagi yang baru pertamakali membeli rumah. Informasi seperti:
  • Proses jual beli
  • Sumber pembiayaan (KPR)
  • Memilih notaris
  • Fasilitas umum yang ada
  • Biaya lingkungan dan sebagainya.
  • Terutama adalah informasi mengenai harga pasaran, kecuali jika anda tidak ada masalah dengan keuangan, karena ini berfungsi untuk mengukur daya beli anda.

Bila tabungan anda masih belum cukup untuk membeli sebuah rumah, saat ini banyak lembaga pembiayaan yang dengan senang hati membantu anda. Sebaiknya total semua angsuran anda (termasuk kartu kredit dan kredit mobil) tidak lebih dari 30% penghasilan. Atau lebih mudahnya, lihat saja berapa yang bisa anda sisihkan setiap bulannya? Segitulah maksimum yang bisa anda keluarkan untuk angsuran. Jangan memaksa diri. Angsuran kredit tidak harus merubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup prihatin, kecuali anda menikmatinya.

Mencari rumah. Anda bisa menemukannya di brosur yang dikirim ke rumah anda, papan tanda, pohon asem, tiang listrik, Agen property dan lain-lain. Namun bila anda mencari rumah yang pemiliknya serius menjual rumahnya anda bisa mencari di sini Anda akan dengan mudah menyaring rumah seperti apa yang anda cari.
Harga, lokasi, fasilitas, model arsitektur (dari foto rumah), luas tanah, jumlah kamar dan sebagainya

Berunding harga. Banyak yang bisa dirundingkan dalam proses jual beli rumah. Seperti waktu pengosongan, skema pelunasan, barang-barang yang ditinggalkan, jaminan kualitas bangunan dan lain sebagainya. Anda harus berunding, bila segan gunakan pihak ketiga Istri, suami, adik, anak atau kami. Inspeksi ke lokasi. Jika sudah menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria, luangkan waktu anda dan keluarga untuk meninjau lokasi, Periksa kondisi bangunan dan situasi lingkungan sekitar, diwaktu siang, malam, hari kerja dan hari libur apakah diwaktu tertentu, secara berkala, ada keramaian didekat calon rumah anda atau bila malam hari di jam tertentu banyak “pedagang” yang berkeliaran. Konsultasikan dengan PPAT atau Notaris yang anda percayakan. Atau gunakan notaris bank. Mereka dibayar dengan uang anda bukan uang bank. Dan Anda berhak mendapat informasi yang anda inginkan.

 

SEMOGA TIPS INI MEMBANTU, JIKA MASIH BINGGUNG SILAHKAN HUB KAMI:

MARKETING Call or WA:

Adieb              : 087831033434 /BBM: 5227D4EE 

Wirra              : 087739783168 /BBM: 7DC10307

Djang              : 081915545012 /BBM: 571E3FC6

Page FB           : Omah Properti Jogjakarta

Twitter            : @omahproperti

Line                 : @omahproperti

Instagram       : @omahproperti

(Visited 77 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *